Senin, 12 Maret 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                        : VI / 1
Alokasi Waktu                         : 2  x 35 menit  ( 1 x pertemuan )

I.                    Standar Kompetensi
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan keguanaan benda.

II.                 Kompetensi Dasar
1.1  Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai  benda.

III.              Indikator
·         Mendeskripsikan benda konduktor dan isolator panas.
·         Membandingkan kemampuan bahan menghantarkan panas berbagai benda.
·         Membuat daftar alat rumah tangga yang bersifat kondukor dan isolator.

IV.             Tujuan Pembelajaran
·           Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan pengertian benda konduktor dan isolator dengan benar.
·            Setelah melakukan tanya jawab, siswa dapat membandingkan kemampuan 4 bahan benda yang menghantarkan panas.
·           Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menyebutkan minimal 3 benda yang mempunyai sifat konduktor dengan benar.
·           Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menyebutkan minimal 3 benda yang mempunyai sifat isolator dengan benar.
·           Setelah melakukan diskusi, siswa dapat membuat daftar alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan isolator.

v  Karakter siswa yang diharapkan         : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence),  Jujur (fairnes), dan ketelitian (carefulness).
V.                Materi Pokok
Ø  Konduktor dan Isolator panas.
v  Menggolongkan benda bersifat konduktor atau isolator.
v  Membandingkan benda (sifat hantaran panas benda).
v  Alat – alat rumah tangga yang menggunakan konduktor dan isolator.

VI.             Pendekatan, Media, Sumber
Pendekatan          : Inkuari ( mencari tahu) melalui penemuan terbimbing
Media                  : Gelasa kaca, sumpit, pensil, penggaris plastik, garpu stenlis, sendok steinles, paku,  dan air panas.
Sumber                : Hery, Sulistyanto. Edy Wiyono.2008.Ilmu Pengetahuan Alam      Untuk Sddan MI Kelas VI.Jakarta :Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan.
: Hartanti, Dwi, dkk. 2008.Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional.

VII.          Strategi Penbelajaran
Induktif                  :Melakukan percobaan – percobaan kemudian baru   menyimpulkan dari yang khusus ke umum.

VIII.       Metode                 : Percobaan, pengamatan, diskusi, dan tanya jawab, penugasan

IX.             Model Pembelajaran
CTL ( Contextual Teaching Learning ) : model pembelajaran dengan cara  mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan nyata mereka.

X.                Langkah – Langkah Pembelajaran
·         Kegiatan awal ( 10 Menit )
-          Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
-          Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Kegiatan inti
v  Eksplorasi ( 15 Menit )
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik materi yang akan dipelajari ( guru memancing siswa, guru bertaya, misalnya coba siapa yang tahu bahan – bahan benda ?
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, guru membagi siswa - siswa menjadi 5 kelompok (1kelompok 5 orang)
F Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium.
F Siswa secara berkelompok melakukan percobaan dilaboratorium dengan mengisi LKS

v  Elaborasi ( 20 Menit )
Dalam kegiatan elaborasi :
F Guru dapat memberikan tugas, diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. ( misalnya : guru menyuruh setiap kelompok untuk membuat catatan dari hasil percobaan dilaboratorium ).
F Perwakilan kelompok melaporkan hasil percobaan di depan kelas dalam bentuk tulisan dan lisan, kelompok lain menanggapi.
F Siswa bertanya jawab tentang materi.
F Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil percobaan telah dilakukan.
v  Konfirmasi ( 10 )
Dalam kegiatan konfirmasi, guru  :
F Guru bertanya jawab tentang hal – hal  yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·      Kegiatan penutup ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru      :
F Bersama – sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
F Melakukan  penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F Memberikan  umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

XI.             Evaluasi
Jenis penilaian                              : Unjuk kerja dan tes tertulis
Bentuk instrumen penilaian         : Essay dan urain
Alat penilaian                               : Soal essay sebanyak 10 butir soal, soal uraian sebanyak 5   butir soal




Lembar Kerja Siswa
Perbedaan Konduktor dan Isolator



Alat dan Bahan :

·         Gelas kaca
·         air panas
·         Sumpit kayu
·         Pensil
·         Penggaris plastik
·         Garpu stainles
·         Sendok stainles
·         paku

Cara Kerja :    

  • ·        Isilah gelas kaca dengan air yang baru mendidih atau masih panas
  • ·       Masukan sumpit, pensil, penggaris plastik, sendok steinles, garpu steinles, paku secara satu persatu ke dalam gelas yang berisi air panas.
  • ·        Peganglah ujung atas dari masing-masing benda, kemudian rasakanlah !

  • Pertanyaan 

Isilah titik di bawah ini dengan benar ! ( C1 )

1. Bagaimana kondisi benda – benda sebelum dimasukkan ke dalam air panas ?.......................
2. Apa yang kamu rasakan setelah sumpitdimasukan ke dalam gelas yang diisi air panas ?    ....................................
3. Apa yang kamu rasakan setelah pensil dimasukan ke dalam gelas yang diisi air panas ? ....................................
4. Apa yang kamu rasakan setelah penggaris plastik dimasukan ke dalam gelas yang di
    isi air panas ? ....................................
5. Apa yang kamu rasakan setelah sendok steinles dimasukan ke dalam gelas yang diisi air panas ? ....................................
6. Sumpit, pensil terbuat dari..........................dan sendok, garpu  terbuat dari ...........................
7. Penggaris plastik terbuat dari...........................dan paku terbuat dari ...........................
8. Sumpit, pensil, dan ................ termasuk benda yang mempunyai sifat tidak dapat     menghantarkan .................. yang disebut Isolator.
9. Sendok, garpu  dan ................ termasuk benda yang mempunyai sifat dapat menghantarkan .................. yang disebut Konduktor
10. Dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan, apa perbedaan dari konduktor dan isolator?
........................................................................................................................
........................................................................................................................ 

Lembar Tes Individual

1.      Sebutkan minimal 3 benda yang mempunyai sifat sebagai konduktor dan isolator! ( C1 )
2.      Jelaskan sifat dari bahan kayu, plastik, dan  steinles apabila dimasukkan ke dalam air yang    baru mendidih ! ( C2 )
3.      Gambarlah bagan tentang materi benda – benda yang dapat mengahantarkan panas, baik konduktor maupun isolator ! ( C3 )
4.      Mengapa peralatan rumah tangga seperti setrika dan wajan menggunakan bahan kondutor dan isolator ? ( C4 )
5.      Susunlah langkah – langkah percobaan diatas dengan menggunakan kata – kata kalian sendiri ! ( C5 )

Format Penilaian Proses ( Praktikum )

No.
Nama Kelompok
Aspek Yang Dinilai
Jumlah nilai Kelompok
Nilai
Sikap
Tanggung Jawab
Keterampilan
Kedisiplinan


















































Indikator Penilaian :
·         Sikap ( mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik )
·         Tanggung Jawab ( melaksanakan tugas sesuai dengan masing - masing kelompok )
·         Keterampilan ( Keterampilan siswa dalam  melakukan, mengamati percobaan dengan benar )
·         Kedisiplinan ( Mengikuti kegiatan sesuai dengan prosedur serta mengikuti semua aturan main dalam kegiatan )
Keterangan :
·         Pemberian poin sikap                                   : 1-5
·         Pemberian poin tanggung jawab                 : 1-5
·         Pemberian poin keterampilan                      : 1-5
·         Pemberian poin Kedisiplinan                       : 1-5

Nilai Akhir : Jumlah nilai kelompok : 2 x 100


                                                                                     Salatiga, 10 Maret 2012
Mengetahui,
Kepala SD/MI Guru                                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                       
_______________                                                                              _______________
NIP. ___________                                                                             NIP. __________






























































A.    Kemampuan Benda Menghantarkan Panas


           Dalam  kehidupan sehari – hari, kita sering menggunakan alat-alat yang terbuat dari kertas, plastik, karet, lilin, kayu, alumunium, bahkan bahan yang terbuat dari besi dan baja. Ada benda yang bersifat konduktor dan ada pula yang bersifat isolator. Seperti apa benda konduktor dan isolator. Benda-benda yang termasuk konduktor misalnya: aluminium, besi, dan baja, steinles. Sedangkan benda-benda yang termasuk isolator misalnya: kertas, plastik, karet, lilin, dan kayu. Memasak air akan lebih cepat mendidih bila menggunakan alat/wadah yang terbuat dari logam, karena logam merupakan penghantar panas (konduktor) yang baik. Bandingkan  jika menggunakan alat/wadah yang terbuat dari tanah liat. Begitu pula tangkai atau  pegangan  alat  masak atau alat penggorengan, biasanya menggunakan kayu atau karet. Sebab, kayu dan karet merupakan benda penyekat panas (isolator) yang baik atau penghantar panas yang kurang baik. Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor, sedangkan benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut isolator



          B. Mengidentifikasi Benda Isolator dan Konduktor

              
Dari sekian banyak benda yang ada di bumi ini, tentunya kita dapat membedakan benda-benda  yang terbuat dari benda isolator dan konduktor.



1. Wajan dan panci
Alat dapur yang sering berhubungan dengan api, menggunakan sifat konduktor dan isolator panas. Bagian benda yang menempel pada api terbuat dari bahan konduktor misalnya logam. Sedangkan benda yang digunakan sebagai pegangan umumnya terbuat dari isolator untuk menyekat panas.






                            Gambar 1. Alat rumah tangga (panci)

2. Setrika
Alat listrik ini mengubah energi listrik menjadi energi panas. Panas yang dihasilkan digunakan untuk merapikan pakaian. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.



















 Gambar 5.2 Setrika dan bagian-bagiannya

3. Jaket
Jaket terbuat dari bahan kain yang bersifat isolator. Pada saat suhu udara dingin, jaket akan menahan panas yang ada dalam tubuh keluar. Dengan demikian, kita akan tetap merasa hangat.


4. Termos



   Benda yang memanfaatkan sifat isolator panas adalah termos. Termos digunakan untuk menyimpan  air panas agar tahan lama karena susunan badan termos bagian dalam terdiri atas 2 lapisan kaca dan antara dua lapisan tersebut terdapat ruang vakum sehingga panas dari air dipantulkan kembali. Pada bagian penutup termos biasanya terbuat dari gabus atau plastik yang bersifat tidak dapat menghantarkan panas.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar